Indeks Kemahalan Konstruksi Kabupaten Jepara 2021 menduduki peringkat ke-3 Termahal di Jawa Tengah - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Jepara

Untuk mendapatkan data BPS, bisa datang langsung ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Jepara, Jl. Ratu Kalinyamat Komplek Perkantoran Jepara, atau bisa mendownload softcopy publikasi dari menu publikasi.

Untuk meningkatkan kualitas Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kabupaten Jepara, mohon kesediaan Bapak/Ibu/Sdr/i untuk dapat mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) 2024. Klik tautan ini --> SKD2024

Layanan online Pelayanan Statistik Terpadu (PST) dapat diakses melalui 1. Email: bps3320@bps.go.id dengan subject Permintaan Data, 2. Akses pst.bps.go.id.

Indeks Kemahalan Konstruksi Kabupaten Jepara 2021 menduduki peringkat ke-3 Termahal di Jawa Tengah

Indeks Kemahalan Konstruksi Kabupaten Jepara 2021 menduduki peringkat ke-3 Termahal di Jawa Tengah

21 Januari 2022 | Kegiatan Statistik


Indeks Kemahalan Konstruksi (IKK) adalah indeks harga yang menggambarkan tingkat kemahalan konstruksi suatu kabupaten/kota dibandingkan kota acuan. Adapun pertimbangan dalam pemilihan kota acuan didasarkan pada nilai indeks suatu kota yang mendekati indeks rata-rata nasional dan kelengkapan data serta mempertimbangkan faktor pendukung lainnya. Kota acuan yang digunakan pada tahun 2021 adalah Kota Makassar.

Dalam penghitungan IKK 2021, data yang digunakan yaitu data dari Survei Harga Kemahalan Konstruksi Triwulan III 2020, Triwulan IV Tahun 2020, Triwulan I 2021, dan Triwulan II 2021. Adapun diagram timbang yang digunakan dalam penghitungannya menggunakan data dari Bill of Quantity (BoQ), Buku Analisis Harga Satuan Pekerjaan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta data realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Sebagaimana yang dirilis oleh BPS RI dalam publikasi Indeks Kemahalan Konstruksi Provinsi dan Kabupaten Kota 2021, nilai IKK Kabupaten Jepara Tahun 2021 adalah 101,87. Ini artinya tingkat kemahalan konstruksi kabupaten Jepara lebih mahal dibandingkan kota makassar. Jika dibandingkan dengan kabupaten kota lainnya yang ada di Provinsi Jawa tengah Kabupaten Jepara menempati peringkat ketiga termahal.

Bagi BPS Kabupaten Jepara, hal ini bukanlah sebuah peningkatan prestasi ataupun penurunan prestasi, karena BPS Kabupaten Jepara hanya bertugas “memotret kondisi/realita”. Kami hanya melaksanakan kegiatan statistik berdasarkan SOP yang sudah ditetapkan. Semoga yang apa yang kami hasilkan dapat bermanfaat bagi bangsa.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Jepara (Statistics Jepara)Jl. Ratu Kalinyamat Komplek Perkantoran 59419 Jepara

Telp/Faks (62-291) 591119

Mailbox : bps3320@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik