Laporan Bidang Analisis Dan Kualitas Data LF SP 2020 Bulan Mei 2022 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Jepara

Untuk mendapatkan data BPS, bisa datang langsung ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Jepara, Jl. Ratu Kalinyamat Komplek Perkantoran Jepara, atau bisa mendownload softcopy publikasi dari menu publikasi.

Untuk meningkatkan kualitas Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kabupaten Jepara, mohon kesediaan Bapak/Ibu/Sdr/i untuk dapat mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) 2024. Klik tautan ini --> SKD2024

Layanan online Pelayanan Statistik Terpadu (PST) dapat diakses melalui 1. Email: bps3320@bps.go.id dengan subject Permintaan Data, 2. Akses pst.bps.go.id.

Laporan Bidang Analisis Dan Kualitas Data LF SP 2020 Bulan Mei 2022

Laporan Bidang Analisis Dan Kualitas Data LF SP 2020 Bulan Mei 2022

1 Juni 2022 | Kegiatan Statistik Lainnya


Sejalan dengan visi BPS 2020-2024 yakni Penyedia data statistik berkualitas untuk Indonesia maju. Penjaminan kualitas pada hakikatnya sebagai early warning system atau sebagai peringatan dini di lapangan jika tidak sesuai dengan Standar Operasional yang sudah ditentukan. Mitigasi resiko sangat penting dalam rangka menanggulangi secara dini hal-hal yang tidak sesuai dengan konsep dan definisi di lapangan. Merujuk pada UN-NQAF Manual for Official Statistic berkomitmen untuk mewujudkan BPS sebagai world class. Berdasarkan Rekomendasi UN dalam Principle and Recommended for Population and Housing Census maka diperlukan adanya PK LF SP 2020. Sensus Penduduk 2020 merupakan Sensus Penduduk ke tujuh semenjak kemeerdekaan Republik Indonesia. Data-data Sensus Penduduk seperti: Jumlah Penduduk, Komposisi Penduduk, Fertilitas, Mortalitas  dan lainnya sangat vital dalam merumuskan kebijakan pembangunana maupun kebijakan-kebijakan lain yang berkaitan dengan indikator-indikator yang dihasilkan Sensus Penduduk tersebut. Dalam SP 2020 lanjutan yang dilakukan pada tanggal 15 Mei sampai dengan 30 Juni 2022 yang mencakup pemutakhiran dan Pendataan Rumah Tangga sampel. Dalam rangkaian kegiatan pemutakhiran dari tanggal 15 sampai dengan 31 Mei 2022 tentu harus dijamin kualitas data. Pelaksanaan Penjaminan Kualitas pemutakhiran dilakukan di 34 provinsi dan 40 kabupaten kota di seluruh Indonesia dengan jumlah sampel 2 Blok Sensus yang terdiri dari 60 rumah tangga. Petugas PK Pemutakhiran langsung dari BPS Republik Indonesia. Petugas PK dari BPS RI melakukan PK pemutakhiran dari tanggal 9-24 Mei 2022. Dua daerah yang terkena sampel di Provinsi Jawa Tengah adalah Kabupaten Demak dan Kota Surakarta. Pada hari Selasa tepatnya tanggal 24 Mei, petugas PK BPS RI melakukan exit meeting melaui fasilitas Zoom Meeting terkait temuan-temuan di lapangan yang harus diperhatikan. Beberapa temuan  adalah sebagai berikut :  

1.      PPL yang tidak mengenakkan face shield

2.      Pendampingan Kortim ke PPL

3.      Penandatanganan Kontrak Kortim

4.      Peralatan Tugas PPL di Lapangan

5.      Jumlah ketidaksesuaian identifikasi keberadaan keluarga

6.      Jumlah ketidaksesuaian identifikasi KK/KRT

7.      Jumlah ketidaksesuaian jumlah pengolahan makan/minum dan kebutuhan dalam keluarga

8.      Jumlah ketidaksesuaian kejadian kematian dalam rumah tangga sejak 1 Januari 2017

9.      Jumlah ketidaksesuaian posisi bangunan, no urut bangunan pada LF SP2020-P dengan peta WB-2020.

Setelah proses exit meeting yakni pemaparan temuan-temuan tim PK di lapangan maka BPS Kabupaten Jepara merumuskan tindak lanjut PK Pemutakhiran LF SP2020 oleh bidang Manajemen Pendataan Tim LF SP 2020 BPS Kabupaten Jepara dan diinput melalui ICS oleh Bidang Analisis dan Kualitas Data Tim LF SP2020 BPS Kabupaten Jepara pada tanggal 24 Mei 2022. Pelaksanaan instruksi tindak lanjut telah diberikan kepada para koseka sejak tanggal 26 sampai dengan 29 Mei melalui kartu kendali Kaizala.

 


Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Jepara (Statistics Jepara)Jl. Ratu Kalinyamat Komplek Perkantoran 59419 Jepara

Telp/Faks (62-291) 591119

Mailbox : bps3320@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik