Pelatihan Instruktur Nasional Survei Sosial Ekonomi Nasional Maret 2024 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Jepara

Untuk mendapatkan data BPS, bisa datang langsung ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Jepara, Jl. Ratu Kalinyamat Komplek Perkantoran Jepara, atau bisa mendownload softcopy publikasi dari menu publikasi.

Untuk meningkatkan kualitas Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kabupaten Jepara, mohon kesediaan Bapak/Ibu/Sdr/i untuk dapat mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) 2024. Klik tautan ini --> SKD2024

Layanan online Pelayanan Statistik Terpadu (PST) dapat diakses melalui 1. Email: bps3320@bps.go.id dengan subject Permintaan Data, 2. Akses pst.bps.go.id.

Pelatihan Instruktur Nasional Survei Sosial Ekonomi Nasional Maret 2024

Pelatihan Instruktur Nasional Survei Sosial Ekonomi Nasional Maret 2024

17 Januari 2024 | Kegiatan Statistik


Survei Sosial Ekonomi Nasionel (Susenas) merupakan salah satu sumber data sosial ekonomi rumah tangga yang penting di Indonesia. Data yang dihasilkan oleh survei ini telah banyak digunakan oleh berbagai kalangan, baik di dalam maupun di luar negeri. Oleh karena itu kesinambungan, ketersediaan, dan kualitas data Susenas harus terus dijaga dan ditingkatkan.

Data Susenas dimanfaatkan sebagai bahan perencanaan dan evaluasi program pembangunan nasional, perencanaan dan evaluasi program sektoral (Kementerian/Lembaga), penyediaan indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), dan Nawacita.

Tahapan kegiatan Susenas saat ini adalah Pelatihan Innas (Instruktur Nasional) yang diikuti oleh Saudara Martesa Husna Laili, SST., M.S.E. dan Nor Sa’idah, S.M. Instruktur Nasional memiliki fungsi strategis terutama dalam monitoring kualitas, yaitu kualitas Innas menentukan pemahaman petugas terhadap konsep, definisi, dan tata cara pengisian kuesioner, serta SOP pelaksanaan di lapangan. Innas juga menjadi rujukan untuk pemecahan masalah selama pelaksanaan lapangan. Selain itu, Innas harus melakukan kontrol di tahap pencacahan, pengawasan, dan entri data untuk menjaga kualitas data.

Pelatihan diselenggarakan melalui pembelajaran mandiri (Massive Open Online Course/MOOC) pada hari Rabu-Jumat, 10-12 Januari 2024. Selanjutnya Pembelajaran Jarak Jauh/PJJ (secara daring) pada hari Senin-Rabu, tanggal 15-17 Januari 2024. Pelatihan menggunakan platform Learning Management System E-learning Warung Kompetensi Pegawai (E-WARKOP).

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Jepara (Statistics Jepara)Jl. Ratu Kalinyamat Komplek Perkantoran 59419 Jepara

Telp/Faks (62-291) 591119

Mailbox : bps3320@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik