KICK OFF POTENSI DESA (PODES) 2021 : Membangun Indonesia dari pinggiran menjadi satu kesatuan - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Jepara

Untuk mendapatkan data BPS, bisa datang langsung ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Jepara, Jl. Ratu Kalinyamat Komplek Perkantoran Jepara, atau bisa mendownload softcopy publikasi dari menu publikasi.

Untuk meningkatkan kualitas Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kabupaten Jepara, mohon kesediaan Bapak/Ibu/Sdr/i untuk dapat mengisi Survei Kebutuhan Data (SKD) 2024. Klik tautan ini --> SKD2024

Layanan online Pelayanan Statistik Terpadu (PST) dapat diakses melalui 1. Email: bps3320@bps.go.id dengan subject Permintaan Data, 2. Akses pst.bps.go.id.

KICK OFF POTENSI DESA (PODES) 2021 : Membangun Indonesia dari pinggiran menjadi satu kesatuan

KICK OFF POTENSI DESA (PODES) 2021 : Membangun Indonesia dari pinggiran menjadi satu kesatuan

31 Mei 2021 | Kegiatan Statistik Lainnya


Senin, 31 Mei 2021, Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan Kick Off Pendataan Potensi Desa (PODES) 2021. Acara dipimpin oleh Kepala BPS RI, Kecuk Suhariyanto didampingi oleh Deputi Bidang Statistik Sosial, Ateng Hartono dan Direktur Statistik Ketahanan Sosial, Hermawanti Marhaeni, dan disaksikan oleh seluruh pegawai BPS, termasuk BPS Kabupaten Jepara dan mitra/petugas PODES secara virtual melalui youtube. Mulai tanggal 2 Juni 2021 selama kurang lebih satu bulan penuh, BPS akan melakukan Pendataan PODES. PODES merupakan pendataan terhadap ketersediaan infrastruktur dan potensi yang dimiliki oleh setiap wilayah administrasi setingkat desa/kelurahan, kecamatan, dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Pelaksanaan pendataan PODES, mendahului kegiatan Sensus yang akan dilakukan oleh BPS. Pendataan PODES tahun 2021, yaitu menjelang Sensus Pertanian 2023. Sementara, pada tahun-tahun yang tidak ada pelaksanaan PODES, BPS melakukan Updating PODES. Pendataan PODES menggunakan aplikasi CAPI berbasis Android, pemeriksaan dan monitoring menggunakan aplikasi web online. Data PODES sangat penting untuk perencanaan pembangunan, monitoring, dan evaluasi, sekaligus menyusun kebijakan yang terfokus seperti Indeks Desa oleh Bappenas dan Indeks Kesulitan Geografis sebagai alokator Dana Desa oleh Kementerian Keuangan. Pada pelaksanaan PODES tahun ini, dilakukan Modernisasi PODES disesuaikan perkembangan teknologi terkini dengan memperhatikan kendala yang ada sehingga pendataan yang dilakukan ditengah pandemi ini dapat berjalan lancar untuk menghasilkan output PODES yang berkualitas, akurat, up to date, dan menggambarkan situasi lapangan demi memenuhi kebutuhan pengguna data. Mengakhiri sambutannya, tak lupa Kepala BPS menekankan perlunya kerjasama yang baik dari semua pihak untuk menghasilkan data PODES yang berkualitas dan menghimbau supaya petugas dan pihak yang terlibat tetap mematuhi protokol kesehatan disetiap tahapan pelaksanaannya.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Jepara (Statistics Jepara)Jl. Ratu Kalinyamat Komplek Perkantoran 59419 Jepara

Telp/Faks (62-291) 591119

Mailbox : bps3320@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik